Rekreasi Akhir Pekan di Kebun Raya Cibodas

Posted By: Frenky on Nov 26, 2012 in Jawa Barat, Travel (Indonesia)
slider_cibodas

Wisata di kebun raya cibodas ini meninggalkan kenangan yang tak terlupakan karena selain tempat nya yang indah dan asri, kebun raya cibodas juga terdapat air terjun dengan tinggi sekitar 20-25 meter yang membuat rekreasi anda semakin berkesan.

Satu minggu sebelum kepergian di hari H, saya berinisiatif mengajak teman-teman saya untuk berekreasi satu hari ke daerah puncak, bogor. Tak lain alasan nya adalah untuk melepas penat dan refreshing sejenak dari kerjaan di kampus. Setelah terkumpul anggota sebanyak 7 orang (termasuk saya), saya pun mulai searching tempat wisata di puncak dan mendapat rekomendasi dari berbagai sumber di internet bahwa kebun raya cibodas merupakan tempat wisata populer di puncak, kebetulan saya juga belum pernah kesana, akhirnya di ketok palu lah kalau minggu depan saya dan teman-teman saya akan menuju kebun raya cibodas :cheer:

* * * * *

Hari H nya pun tiba, saya dan teman-teman berangkat jam 7 pagi dari meeting point kampus BINUS anggrek, tak lupa kami membeli camilan untuk teman perjalanan kami. Perjalanan lancar jaya hingga keluar tol ciawi, dari sini kami terpaksa menggunakan jasa penunjuk jalan tikus untuk menghindari kemacetan panjang yang telah mengular dari pintu tol ciawi, kemacetan yang panjang ini sudah saya prediksi dari awal.

Menggunakan jalan tikus memang mempersingkat waktu, namun jalur nya naik turun dan hanya cukup 2 mobil di saat bersamaan, untung saya pakai mobil tidak besar, jadi lebih mudah melewati jalur sempit :D  Sampai akhirnya kami semua sampai di kebun raya cibodas sekitar pukul 11.30 akibat ulah montir liar yang menipu :ngamuk:

Loket Kebun Raya Cibodas

Begitu sampai di pintu masuk kebun raya cibodas ini, perasaan senang pun muncul kembali. Di pintu masuk kami membayar uang tiket parkir mobil 15000 rupiah.  Begitu mobil melewati pintu masuk, hawa asri langsung hinggap karena suasana kiri kanan yang penuh oleh tumbuhan hijau. Saya pun lalu memakirkan mobil dan mencari tempat makan karena perut sudah mulai lapar begitu juga dengan teman saya. Akhirnya kami sepakat untuk makan di salah satu warung bakso disana.

Seusai makan, lalu kami semua berjalan kaki melewati pasar oleh-oleh yang ada di kebun raya cibodas ini untuk memasuki gerbang kebun raya cibodas berikutnya, di sini kami harus membayar 6000/orang, tidak terlalu mahal untuk rekreasi akhir pekan bukan? :D  Begitu melewati gerbang ini, terlihat jelas suasana kebun raya cibodas yang luas, semua area akan di lalui dengan berjalan kaki, anggap saja rekreasi sambil olahraga :P

Pemandangan Kebun Raya Cibodas

Sepanjang mata mengarungi area kebun raya cibodas ini, mata saya di manjakan dengan berbagai jenis tanaman dan bunga yang indah. Terdapat pula kolam air mancur dan taman yang nyaman untuk beristirahat sejenak di sana. Selain itu kami melewati jembatan kecil yang di bawah nya terdapat arus air yang deras, pertanda ada air terjun dugaan saya waktu itu.

Ternyata benar dugaan saya, saya melihat ada beberapa orang dalam keadaan basah keluar dari suatu area yang sempit dan kemudian saya melihat plang besar tidak jauh dari tempat saya berdiri, di beritahukan arah menuju air terjun ciismun. Tanpa berpikir lama, kami lalu berjalan menuju lokasi air terjun yang jaraknya sekitar 1 km dari plang penunjuk air terjun tersebut.

Selama perjalanan menuju air terjun, saya melewati semak-semak yang tinggi di kiri kanan selain itu jalanan juga berbatu dan licin sehingga harus hati-hati, namun menurut saya perjalanan tidak terlalu terasa, mungkin karena faktor udaranya yang sejuk.

Akhirnya setelah menempuh perjalanan sekitar 15 menit, terdengar dari jauh suara khas air terjun, langkah kaki saya pun tambah bersemangat untuk mencapai spot air terjun. Namun begitu sudah terlihat air terjun depan mata, ternyata keadaan cukup ramai oleh wisatawan, agak kecewa memang, namun hal itu tidak mengurungkan niat kami untuk bermain di sekitar air terjun.

Kami pun mencoba mendekati air terjun lebih dekat dan melangkah dengan hati-hati di sekitar air terjun ini karena licin-licin batu nya. Setelah puas bernarsis-narsis ria di depan air terjun, teman-teman saya ingin mencoba berendam di air terjun. Awalnya saya tertarik untuk berendam juga, namun karena saya takut kenapa-kenapa apalagi saya sebagai sopir, maka saya memutuskan hanya sebagai tukang foto saja :sigh:

Setelah puas main di air terjun ini, kami pun kembali menuju plang penunjuk arah (titik awal) karena di dekat situ ada toilet untuk tempat mengganti baju kami semua yang basah. Kami kemudian memilih berjalan lurus tanpa arah melewati pohon-pohon yang rindang dan besar sekali. Sesampai di ujung, kami melihat guest house yang ciamik karena disekeliling nya terdapat taman bunga yang indah.

Rumah Kaktus di Kebun Raya Cibodas

Selain itu terdapat rumah kaktus (tapi hanya bisa di lihat dari luar karena di gembok) dan air terjun mini di sekitar guest house tersebut. Kami beristirahat sejenak sambil tidur-tiduran di sekitar lokasi tersebut karena rumput nya tebal, asik untuk di tiduri :ngakak:

Kolam Air Mancur di Kebun Raya Cibodas

Spot terakhir yang kami singgahi saat itu adalah kolam besar yang terdapat air mancur nya. Di sana kami memilih duduk-duduk sambil memesan pop mie dan minuman untuk teman beristirahat. Suasana nya sangat nyaman sekali untuk istirahat, ingin rasa nya berlama-lama disana, namun waktu sudah menunjukkan pukul 16.30, tiba waktunya untuk pulang kembali ke Jakarta.

Dalam perjalanan menuju pelataran parkir mobil, kami sempatkan membeli oleh-oleh di pasar nya. Di pasar ini menjual berbagai makanan ringan, aksesoris dan tanaman yang bagus untuk dijadikan oleh-oleh.

Perjalanan rekreasi satu hari ke kebun raya cibodas ini cocok sekali bagi anda yang ingin melepas penat karena lokasi nya tidak jauh dari jakarta (3 jam perjalanan) dan tempat nya yang bagus untuk rekreasi sambil belajar, cocok sekali untuk tempat rekreasi keluarga dan anak-anak muda seperti kami tentu nya :keren:

Terima kasih sudah membaca cerita perjalanan saya ini, Salam Traveller!

We Are Born to Be Free!

 

Discussion - 4 Comments

  • abu nabila Oct 05, 2014 

    berwisatalah ke curug sanghiyang taraje garut, curug tertinggi d garut, kutunggu yaaaa :)

    Reply
    • Frenky Oct 06, 2014 

      Baru pernah dengar tempat wisata itu, oke di noted ya, semoga suatu hari kesampaian kesana :)

      Reply
  • winarno Sep 29, 2013 

    Sy suka wisata alam…..

    Reply
    • Frenky Sep 30, 2013 

      Saya suka jalan2 ke wisata alam juga pak, apalagi pergi ke tempat baru :cheer:

      Thanks dah mampir dan komen :D

      Reply

leave a comment

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: