Rumah Kupu-Kupu di Bantimurung, Maros

Posted By: Frenky on May 01, 2013 in Sulawesi Selatan, Travel (Indonesia)
Penangkaran Kupu-Kupu

TN Bantimurung, Maros – 20 Maret 2013

Apabila berkunjung ke Maros (Sulawesi Selatan), jangan sampai terlewatkan untuk mampir ke Taman Nasional Bantimurung yang terletak 40 km dari Makassar tepat nya di kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. TN Bantimurung yang dijuluki penemu nya Alfred Russel Wallace sebagai The Kingdom of Butterfly ini mempunyai daya tarik utama spesies kupu-kupu karena sedikitnya terdapat 250 spesies kupu-kupu yang berada di sekitar TN Bantimurung ini.

Tetapi selain itu TN Bantimurung juga mempunyai objek wisata lain seperti air terjun Bantimurung yang terkenal juga beserta gua mimpi, gua batu, museum kupu-kupu, dll.

Perjalanan saya sendiri menuju TN Bantimurung ini lancar sekali alias no hambatan. Berawal dari Bandara Sultan Hasanuddin, saya lalu menumpang shuttle bus GRATIS menuju depan bandara untuk mencari pete-pete ( angkot di Makassar ).

Turun dari shuttle bus, saya lalu mencari pete-pete menuju arah Maros yang terpampang jelas di petunjuk jalan dan kemudian dengan meminta bantuan sopir saya minta di carikan pete-pete yang menuju TN Bantimurung langsung, total biaya 6 ribu rupiah untuk 2 kali naik pete-pete menuju Bantimurung dari Bandara Sultan Hasanuddin.

Gerbang Kupu-Kupu TN Bantimurung

Apabila anda melihat dari kejauhan tulisan “Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung” di bukit serta gerbang kupu-kupu di temani monyet di belakangnya maka anda sudah berada di jalan yang benar, tapi jangan lupa untuk minta tolong supir pete-pete untuk menurunkan persis di depan pintu loket TN Bantimurung ini karena lumayan juga kalau jalan kaki terlebih membawa tas carrier 70L seperti saya :sweating:

Sesampai di pintu loket terpampang dengan jelas biaya masuk TN Bantimurung ini 15 ribu rupiah untuk domestik dan 50 ribu rupiah untuk turis asing. Well karena kebetulan saya berniat untuk memecahkan uang 50 ribu menjadi pecahan 10 ribu an, saya pun membayar ke petugas loket seharga 50 ribu tanpa berkata apa-apa. Setelah itu petugas memberikan saya 1 lembar kertas tiket tapi aneh nya tidak memberikan uang kembalian.

* * * * *

“Bu, kembalian nya 35 ribu nya mana? Saya orang indonesia loh…”

“Oh saya kira kamu turis Asia haha.. nih kembalian nya mas”

“Iya memang saya orang Asia bu, Indonesia kan di Asia juga toh bu” yang ini saya cuma monolog aja dalam hati loh :yeah:

Mungkin maksud si ibu penjaga loket saya itu turis dari Cina, Korea atau Jepang karena ya gitu deh keadaan nya *ga mau di bilang sombong* :D

* * * * *

Setelah resmi masuk ke TN Bantimurung ini, saya langsung di dekati oleh seorang bapak-bapak berpakaian dinas seperti PNS yang langsung merayu-rayu untuk menjadi teman seperjalanan saya di TN Bantimurung ini. Well karena kebetulan juga saya tidak mengenal tempat ini, maka saya pun terkena rayuan si bapak dan menitipkan terlebih dulu tas carrier saya ke sebuah ruangan agar perjalanan tidak berat.

Baru berjalan beberapa meter, saya langsung bertemu kolam bernama Kolam Jamala. Air kolam buatan ini berasal dari sungai bawah tanah yang mengalir dari goa dan konon katanya air kolam ini dapat menyembuhkan penyakit, enteng jodoh dan menghindari guna-guna tapi berhubung air nya keruh coklat akibat musim penghujan, ya saya cuma memperhatikan kolam nya saja :D

Kolam Jamala

Berikut nya saya di bawa menuju objek wisata utama di TN Bantimurung ini yang tidak lain adalah Air Terjun Bantimurung. Debit air nya sangat deras sekali dan keruh kecoklatan karena musim penghujan di Maret 2013. Karena itu saya perhatikan juga tidak ada yang berani bermain “arung jeram” berhubung memang bahaya sekali.

Air Terjun Bantimurung ( Dari Depan )

Air Terjun Bantimurung ( Dari Samping )

Berhubung saya datang kesini sore hari dan baru saja selesai hujan cukup deras, harapan untuk melihat kupu-kupu secara langsung disekitar Air Terjun Bantimurung ini pun langsung sirna. Beruntung di sini ada museum kupu-kupu dengan biaya masuk 5 ribu rupiah dan tempat penangkaran kupu-kupu dimulai dari ulat, kepompong dan menjadi kupu-kupu, sehingga saya tidak jadi berkecil hati tidak dapat melihat kupu-kupu langsung.

Untuk museum kupu-kupu nya sendiri terlihat tidak begitu terawat tapi saya akui koleksi nya banyak dan untuk penangkaran nya oke banget karena banyak kupu-kupu terbang disini.

Museum Kupu-Kupu Bantimurung

Penangkaran Kupu-Kupu

Kemudian saya di bawa menuju Goa Batu yang terletak sekitar 1 km dari pintu loket masuk TN Bantimurung ini. Untuk masuk Goa Batu ini sudah pasti memerlukan penerangan seperti senter atau petromak, ya secara ga ada listrik gitu didalam Goa .

Bagi yang mau menyewa senter bisa membayar seharga 10 ribu atau apetromak seharga 50 ribu rupiah, ya tinggal pintar nego saja. Jujur ajah masuk ke Goa Batu ini kalau sendirian ga bakal berani saya mah, berdua sama guider saya ini aja masih takut kalau di apa-apain haha..

Ya seperti Goa -Goa pada umum nya, suasana gelap, tanah coklat basah, udara lembab menjadi “teman” ketika saya berada didalam Goa Batu ini, suasana mistis juga otomatis terasa apalagi si guider saya ini menceritakan cerita-cerita mistis, tambah bikin ngeri dah brrrrr…. saya pun tidak berlama-lama di Goa Batu ini, cukup sekedar melihat-lihat saja hingga ke dalam dan langsung cabuttt :suram:

si Guider lagi praktek bertapa di Goa Batu

Sebenarnya masih ada lagi objek wisata Goa Mimpi yang perjalanan nya lebih jauh lagi dari Goa Batu dan objek wisata menaiki bukit-bukit karst, cuma berhubung sudah sore saya pun memilih untuk langsung cabut ke Leang-Leang, Maros yang letak nya tidak jauh dari TN Bantimurung ini dan ditemani oleh si Bapak Guider ini dengan menaiki motor nya.

O ya sebelum pulang, tidak lupa saya juga membeli oleh-oleh khas TN Bantimurung ini, cakep-cakep pula, ya tapi berhubung budget cuma seadanya jadi beli seadanya juga deh nasib :wait:

Oleh-Oleh Khas Bantimurung

Setelah melihat keindahan TN Bantimurung diatas, apa pendapat anda? Yang pasti jangan lupa mampir kesini jika datang ke Sulawesi Selatan ya, dijamin tidak menyesal dan tak terlupakan!

We Are Born to Be Free!

 

Discussion - 18 Comments

  • widia Sep 01, 2014 

    boleh minta no telp guidenya, makaish ya

    Reply
    • Frenky Sep 01, 2014 

      Hai Widia,

      No HP nya 0853-4242-5703 Pak Abidin

      Reply
  • Ulfa Nov 10, 2013 

    Hi Frenky,
    Lagi nyari2 tempat nginep di Tanjung Bira yang oke, eh..ketemu blog ini.
    Januari saya rencana mau ke Makassar. Bakalan 4 hari di sana. Rencana di Tanjung Bira bakalan 2 hari semalam. Kira2 ada saran nggak 2 hari di Makassar bakal ngapain selain ke Batimurung? Kalau boleh dan masih ada, boleh dong intip2 itin nya. Dankee

    Reply
    • Frenky Nov 11, 2013 

      Hi Ulfa,

      Mungkin kalau masih mau daerah Maros bisa main ke Leang-leang, Ramang-Ramang juga, kalau daerah Makassar yang saya tau cuma Pantai Losari, Wisata Kuliner dan Trans Studio Makassar.

      Kalau waktu itu sih saya main ke Toraja (Berangkat malam, sampai pagi) dan menginap 1 malam disana. Tapi berhubung waktu Ulfa mepet, seperti nya kalau di paksakan ke Toraja bakalan cape banget haha..

      Semoga membantu ^_^

      Reply
      • Ulfa Nov 12, 2013 

        Yuup..kayaknya bakal maen ke Rammang Rammang sama Lenag-Leang. Iya..tadinya mau ke Toraja, tapi sayang waktunya nggak cukup.
        Anyway, thenks. :)

        Reply
  • les Adekakutari Nov 01, 2013 

    Seru banget nie kayaknya, perjalanan qmu kmren,? ohya di toraja susah dapetin makanan Halal ngga, secrakan dsana mayoritas penduduknya kan Kristen?

    Reply
    • Frenky Nov 02, 2013 

      Iya kakak seru banget, banget dan banget perjalanan ke Toraja kemarin :ngakak:

      Sepengamatan saya waktu di sana banyak pilihan makanan halal contoh Nasi Goreng, Soto, Tahu Tempe yang gampang di cari, jadi tidak usah khawatir tentang makan ;)

      Reply
      • Aang Ememes Nov 22, 2013 

        aku menikmati sate sate kerabau di Pasar Rante Pao dan Sop Sodara.
        Insya Allah halal. Di Rante Pao juga banyak kok pedangang muslim.

        Reply
  • aco pattiro Oct 05, 2013 

    Pohon-pohonan yang ada TN BT Murung membuat udara terasa sanga sejuk sepanjang hari..

    Reply
    • Frenky Oct 05, 2013 

      Yup setuju banget ni, suasana di TN Bantimurung adem banget karena masih penuh pohon-pohon liar, jadi pengen kesana lagi suatu saat nanti :D

      Reply
  • Rahmat Aug 11, 2013 

    Kebetulan ne saya mau kesana, tp gak tau seluk beluknya perjalanan!!!
    kalau saya liat postingannya baru, berarti perjalanan ke taman kupu2 baru beberapa minggu yang lalu donk!!!!!
    saya mau tanya?
    1. Kupu kupu yang hidup dialam liarnya sana sebanyak apa sih???
    2. berapa biaya untuk guide nya?? atau rata rata nya aja dikisaran berapa???
    3. Ada tempat nginapnya nggak disana??? berapa biaya nginap per hari??
    4. Guide nya berpengalaman / profesional nggak, minimal mereka tahu nama spesies kupu2 yang ada disana???

    Trimakasih atas respon nya

    wasalam

    Reply
    • Frenky Aug 11, 2013 

      Hi bro, pergi ke sana nya sih Maret 2013, ya belum terlalu lama banget sih ;)

      Oke gw bantu jawab ya, sebisa nya
      1. Banyak bro kupu2 nya dgn catatan bukan datang pas lagi cuaca hujan apalagi baru turun hujan kaya kasus gw, pada kabur semua kupu2 nya, asli nya di sekitar air terjun nya banyak tuh

      2. Kalau kasus gw krn cuma datang sendirian, 50 ribu biayanya. BIaya segitu udah di anterin juga sekalian naik motor ke Leang-Leang, Maros yang jarak nya lumayan dari Bantimurung.

      3. Tempat nginep nya ada, kaya semacam rumah panggung gitu, tapi untuk harga nya kurang tahu ya

      4. Guide yg waktu itu nemenin gw sih ngerti banget spesies kupu2, nama nya Pak Abidin (yang di foto) kalau mau contact HP nya gw juga ada, nanti by email aj ya ;)

      Semoga membantu info nya :)

      Reply
  • Reza Bastian Jul 03, 2013 

    Dari bantimurung ada kendaraan umum yg ke karst?

    Reply
    • Frenky Jul 03, 2013 

      ada, cuma 2x naik juga dan jgn terlalu sore hari kesini, sebaik nya pagi – siang. Waktu itu gw kesana naik motor sih bareng guider dari Bantimurung :)

      Reply
  • Indra Setiawan May 05, 2013 

    Itu yang dibikin sovenir dari kupu2 asli y?pantes semakin diki kupu-kupu y.. :-(

    Reply
    • Frenky May 05, 2013 

      oh engga koq, itu dari kawat sama fiberglass *sumber dari penjual nya* hehe

      Reply
      • andi abdul malik Jul 19, 2014 

        kalau boleh tau itu harga oleh2nya kisaran berapa yaahhh??
        makasih :hi:

        Reply
        • Frenky Sep 01, 2014 

          Kalau yang gantungan kunci sekitar 5000 / pc itu ada 2 tipe juga ukuran besar sama kecil, nego aja kalau beli nya sekitar 10 pcs.

          Kalau yang dalam kotak kisaran 50 ribu – ratusan ribu, beda-beda sih ukuran dan tipe nya :bye:

          Reply

leave a comment

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: