Jarum RPM di Speedometer Vixion Naik Turun

Posted By: Frenky on Apr 24, 2013 in My Story, Otomotif
Speedometer Vixion

Sebenar nya kejadian ini sudah sekitar 7 bulan yang lalu, tapi ga ada salah nya buat di share, siapa tau ada yang mengalami kejadian yang sama dengan motor Vixion nya. Jadi suatu ketika pas di malam hari perjalanan menuju rumah sepulang dari kantor, Vixion gue mengalami masalah dengan sistem kelistrikan nya karena tiba-tiba jarum RPM di speedometer Vixion gue selalu drop ke titik 0 setiap rem di pakai.

Lebih parah nya lagi ketika klakson modif Hella dan lampu tembak Vixion gue di nyalakan, motor seketika langsung mati :noooo:

Akhir nya setelah coba googling masalah yang gue alami, ternyata banyak juga para pemakai Vixion yang mengalami hal yang sama dan dugaan gue sementara untuk motor gue adalah aki yang tidak kuat ngangkat, kiprok yang aus, lampu belakang yang konslet dan sekring Vixion yang terkenal rentan rusak.

* * * * *

Akhirnya ketika weekend tiba, gue bawa lah motor gue ke bengkel resmi Yamaha untuk di cek. Setelah menceritakan masalah yang gue alami dan melihat klakson motor Vixion gue yang sudah di modif, si montir memberi saran suruh ganti aki karena menurut dia aki nya ga kuat ngangkat. Well, akhir nya gue pun ke toko Aki dan membeli aki Yuasa YT7C 12V, 6A, dan setelah di pasang ternyata masih naik turun RPM Vixion nya arghhhhhh….

Speedometer Vixion

Masih penasaran akhirnya motor Vixion gue bawa lagi ke bengkel resmi Yamaha berbeda. Kembali gue menceritakan masalah yang di alami motor gue dan si montir pun menduga-duga bahwa penyebab nya adalah bohlam lampu belakang.

Setelah coba di ganti dengan bohlam lampu yang baru, keliatan nya analisis si montir terlihat benar karena ketika dilakukan pengetesan dari mengerem, menyalakan lampu tembak dan menyalakan klakson hella, motor Vixion gue pun tidak mengalami masalah RPM naik turun atau sampai mati mesin. Tetapi ketika setelah selesai membayar tagihan di kasir dan mengecek kembali kondisi motor, ternyata RPM Vixion nya masih naik turun lagi, duh! :wait:

Kiprok Vixion, kecil tapi mahallll

Akhirnya motor gue di cek lagi oleh si montir, kelihatan si montir bingung juga masalah yang di hadapi motor Vixion gue. Si montir pun akhirnya konsultasi dengan si bos yang berada di sebelah nya yang sedang service motor Vixion juga. Si bos montir pun menganjurkan untuk mencoba mengganti kiprok nya. Mendengar kata kiprok, jujur gue agak malas, soalnya ni barang walau kecil bentuk nya tapi harga nya mahal boooo….

Sekedar info aja kiprok vixion ini di jual seharga 250 ribu rupiah :silence:    Setelah ganti kiprok ini juga model-model pas ganti bohlam lampu belakang, awal nya berjalan mulus tetapi setelah di ON/OFF stop kontak nya langsung tidak stabil lagi RPM nya dan kelistrikan motor Vixion gue, tambah pusing dah gue!

Sekring Vixion 20 Ampere

Tiba-tiba gue teringat akan hasil googling gue beberapa hari sebelumnya tentang sekring Vixion yang rentan cacat dalam artian tidak rusak sepenuh nya karena masih dapat menghantarkan arus listrik namun listrik yang di hantarkan tidak full sesuai ampere normal Vixion yaitu 20 Ampere. Awal si montir ragu buat coba ganti sekring nya, tetapi setelah gue bilang coba dulu ajah soalnya baca di internet juga banyak kasus serupa.

Akhirnya di buka lah rumah sekring motor Vixion gue dan sekring Vixion 20 Ampere baru seharga 5 ribu rupiah pun terpasang. Lalu setelah di semprot dengan 4WD di sekitar rumah sekring, motor Vixion gue pun di starter dan EUREKA, BERJALAN LANCAR DAN STABIL semua kelistrikan nya!!!

Tapi gue belum cukup puas karena baru percobaan pertama. Lalu gue coba terus mati nyalakan motor Vixion gue sampai 5 kali lalu nyalain klakson dan lampu tembak berkali-kali hingga akhirnya gue yakin banget ternyata salah nya cuma gara-gara di SEKRING Vixion 20 Ampere!

Karena kesalahan sudah di temukan dan untung nya juga bos bengkel nya baik akhirnya gue cukup membayar biaya sekring vixion 20 Ampere seharga 5 ribu rupiah dan biaya service sedangkan untuk bohlam dan kiprok gue balikin kembali karena tidak jadi di beli, fiuhhhh :sweating:

Dan hingga sekarang (memasuki 7 bulan), motor Vixion gue pun tidak pernah (dan jangan sampai) mengalami masalah kelistrikan lagi. So buat pembaca post ini dan mempunyai masalah yang sama dengan motor yang gue alami terutama untuk motor Vixion juga, tidak ada salah nya mengecek terlebih dulu sekring nya sebelum mengecek yang lain-lain.

Discussion - 58 Comments

  • hori Oct 10, 2014 

    thank’s bro infonya…..ni sama dg masalah vixi gua…..besok mo gua cba gnti skring…mudah2an berhasil…..:-)

    Reply

leave a comment

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: